Tugas Softskill Teknologi Informasi dan Multimedia #
Tugas Softskill Teknologi Informasi dan Multimedia #
" DEFINISI MULTIMEDIA "
Nama : Maulana Rachman
Kelas : 4IB04
NPM : 14416300
ABSTRAK
Perkembangan
teknologi yang terjadi pada masyakat dewasa ini menciptakan manusia mampu berkomunikasi dengan multimedia,
artinya manusia mampu untuk berkomunikasi bukan hanya dengan suara saja atau
gambar saja, namun bisa dengan keduanya. Secara etimologi, multimedia terbentuk
dari dua frasa, multi dan media. Multi yang berarti banyak,
gabungan atau bermacam-macam. Media berasal dari kata ‘medium’ yang berarti
sesuatu yang dipakai untuk menyampaikan sesuatu. Pengertian multimedia
adalah pemanfaatan komputer sebagai media untuk membuat dan juga menyatukan
data dengan menggunakan perangkat lunak yang memungkinkan pemakai untuk berkomunikasi.
Kini multimedia bukan lagi menjadi hal yang asing bagi kita karena sudah dapat
kita temui disekitar kita setiap saat, oleh karena itu patutlah bagi kita untuk
memahami apa arti dari multimedia itu, agar kita mampu memanfaatkan teknologi
multimedia dengan sebaik-baiknya.
BAB
I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Perkembangan
teknologi yang terjadi pada masyakat dewasa ini menciptakan manusia mampu berkomunikasi dengan multimedia,
artinya manusia mampu untuk berkomunikasi bukan hanya dengan suara saja atau
gambar saja, namun bisa dengan keduanya.
Media
komunikasi juga terus berkembang yang awalnya hanya suara, teks dan gambar kini
telah merambah ke dalam video, animasi, dll yang membuktikan bahwa teknologi
yang kita sebut dengan teknologi multimedia sudah sangat berkembang.
Multimediapun bukan lagi digunakan sebagai media entertain saja namun telah
diterapkan dalam berbagai bidang, antara lain pendidikan, perdagangan, dan
masih banyak lagi.
Kini
multimedia bukan lagi menjadi hal yang asing bagi kita karena sudah dapat kita
temui disekitar kita setiap saat, mulai dari rumah, perjalanan, hingga tempat
tujuan kita pasti menjumpai beragam produk hasil kreasi mteknologi multimedia
seperti banner, iklan, poster,dan lainya.
Oleh
karena itu patutlah bagi kita untuk memahami apa arti dari multimedia itu, agar
kita mampu memanfaatkan teknologi multimedia dengan sebaik-baiknya dan tidak
justru menyelewengkannya untuk hal-hal yang tidak bertanggung jawab
1.2 Batasan Masalah
Agar
bahasan tidak meluas, maka penulis
membatasi masalah dalam penulisanya yaitu :
1. Apakah
definisi Multimedia ?
2. Apa
saja Kategori Multimedia ?
3. Apa
saja Bagian Multimedia ?
4. Bagaimana
Penerapan Multimedia dalam kehidupan sehari hari ?
1.3 Tujuan Penulisan
Penulisan
dari batasan masalah diatas maka dapat diketahui bahwa penulis dalam
membuat makalah ini memiliki tujuan yaitu memahami definisi Multimedia dan
mengetahui berbagai bagian komponen Multimedia serta penerapan-nya.
BAB
II
PEMBAHASAN
2.1
Definisi Multimedia
Secara etimologi, multimedia terbentuk dari dua
frasa, multi dan media. Multi yang berarti banyak, gabungan atau
bermacam-macam. Media berasal dari kata ‘medium’ yang berarti sesuatu yang dipakai
untuk menyampaikan atau membawa sesuatu. Pengertian multimedia
adalah pemanfaatan komputer sebagai
media untuk membuat dan juga menyatukan data gambar, teks, grafik, dan audio
dengan menggunakan perangkat lunak yang memungkinkan pemakai untuk berkreasi,
berinteraksi dan berkomunikasi.
Jika
dilihat dari sudut pandang teknologi saat ini, dapat disimpulkan
bahwa pengertian multimedia adalah alat yang menyajikan beberapa
elemen seperti, teks, suara (audio), video, grafik dan animasi untuk dapat
menciptakan suatu presentasi yang interaktif terhadap penggunanya.
2.2
Kategori Multimedia
Ada banyak kategori pada multimedia, sehingga jenisnya
pun menjadi bermacam-macam. Berdasarkan aksesnya, multimedia dibagi menjadi dua
jenis, yaitu multimedia online dan offline. Perbedaannya hanya
terletak pada penggunannya yang membutuhkan jaringan internet. Jika dilihat
dari metode penyajiannya, multimedia dibedakan menjadi lima jenis. Di antaranya
multimedia berbasis kertas (buku dan majalah), cahaya (slideshow dan transparansi),
suara (radio dan tape), gambar bergerak (televisi), dan digital (komputer
dan ponsel pintar).
Pengelompokkan multimedia menggunakan
variabel yang cukup bervariasi. Berdasarkan sifat penggunaannya, komunikasi
multimedia dikelompokkan dalam tiga tipe, yaitu multimedia interaktif,
hiperaktif, dan linier. Berikut penjelasan masing-masing jenis tersebut.
1.
Multimedia Interaktif.
Multimedia Interaktif adalah jenis multimedia yang
memungkinkan pengguna dapat mengontrol komponen-komponen di dalamnya. Tipe ini
lebih mengutamakan personalisasi pemakain multimedia sesuai keinginan
penggunanya. Contoh dari jenis multimedia Interaktif ini adalah game, pemutar video, dan website.
2.
Multimedia Hiperaktif
Multimedia Hiperaktif merupakan jenis komunikasi
multimedia yang memanfaatkan hubungan antara setiap komponen multimedia.
Sifatnya juga interaktif, sehingga pengguna dapat memilih asupan informasi
sesuai selera melalui tautan yang tersedia. Contoh: website, mobile banking, Game
online dan Iklan
3.
Multimedia Linier
Multimedia Linier adalah jenis multimedia yang
bersifat tidak interaktif. Artinya pengguna hanya bisa menikmati sajian
informasi secara linier, tanpa memiliki kesempatan untuk mengontrolnya sendiri.
Contohnya adalah rekaman video atau film, e-book,
musik, siaran TV dan lainnya
2.3
Bagian Multimedia
Berdasarkan
pengertian multimedia yang sudah dijelaskan diatas, diketahui bahwa multimedia
terdiri dari banyak media atau konten yang disajikan untuk menghasilkan suatu
interaksi terhadap penggunanya. Secara umum, terdapat 4 bagian dalam multimedia
yang akan dijelaskan sebagai berikut.
1.
Teks
Teks merupakan elemen dasar dalam multimedia. Hal ini
terbukti sejak ribuan tahun yang lalu, teks sudah berperan penting dalam
menyampaikan informasi. Dahulu, teks dikategorikan sebagai simbol-simbol visual
untuk merepresentasikan berbagai macam objek yang ditemukan.
Pengertian teks sendiri adalah kesatuan bahasa yang
memiliki isi dan bentuk yang dituangkan menjadi tulisan. Tulisan inilah yang
digunakan oleh pengirim untuk menyampaikan pesan kepada penerimanya. Saat ini,
teks semakin didukung dengan adanya komputer, dimana banyak terdapat program
pengolah kata.
Salah satunya adalah Microsoft Office.
Selain itu, teks menjadi sangat penting untuk menyampaikan suatu makna
tertentu, bahkan ketika elemen lainnya tidak berhasil dalam menghasilkan makna.
Sebagai contoh, kebanyakan orang akan sulit untuk mengartikan gambar yang
dilihat tanpa adanya tulisan. Selain struktur teks yang sederhana dan mudah
dikenali, teks juga menjadi jenis data yang hanya membutuhkan ruang penyimpanan
yang kecil. Terdapat beberapa jenis teks yang berkembang saat ini,
seperti plain text (TXT), rich text (RTF),
dan hypertext (HTML).
2.
Suara (Audio)
Suara (audio) merupakan komponen dalam multimedia yang
tidak kalah penting dari teks. Menurut Lu (1999), suara adalah sesuatu yang
ditimbulkan akibat adanya perubahan tekanan udara yang menjangkau gendang
telinga manusia. Beberapa bentuk audio dalam multimedia berupa rekaman, musik
atau efek suara lainnya.
Dari sudut pandang multimedia, suara dikategorikan
sebagai simbol verbal yang berperan penting dalam teknologi komunikasi. Selain
itu, penyajian audio juga dapat digunakan untuk memperjelas suatu informasi
yang disampaikan. Sebagai contoh, tidak semua orang dapat memahami informasi
yang disampaikan melalui video.
Untuk mengatasi hal itu, maka video dilengkapi dengan
audio agar informasi sampai kepada penerimanya. Terdapat beberapa format video
yang sering digunakan, seperti MP3 (MPEG-1 Audio Layer 3), AIFF (Audio
Interchange File Format), WAV (Wavefrom Audio), AAC (Advanced Audio Coding),
WMA (Windows Media Audio), MIDI (Musical Instrument Digital Interface) serta
real audio.
3.
Grafik / Gambar
Umumnya, grafik dalam multimedia berkaitan
dengan still image seperti foto atau gambar. Grafik ini digunakan
dalam multimedia untuk memperindah komponen teks yang disajikan kepada
pengguna. Dunia multimedia membedakan gambar menjadi dua, yaitu bitmap dan vektor.
4.
Animasi
Animasi merupakan suatu teknik untuk menampilkan
setiap frame secara berurutan. Ketika terjadi pergantian frame, maka pengguna
akan melihat gambar tersebut seolah-olah bergerak. Dalam multimedia,
animasi sangat diperlukan untuk menyajikan tampilan informasi menjadi lebih
dinamis.
2.4
Pengaplikasian Multimedia
Aplikasi multimedia artinya adalah penerapan
multimedia dalam keseharian kegiatan manusia. Multimedia hampir bisa digunakan
pada semua bidang kehidupan manusia, apalagi dengan perkembangan teknologi yang
sangat pesat sekarang ini memungkinkan multimedia selalu hadir dan menjadi
kebutuhan setiap orang. Penerapan Multimedia Menurut Vaughan (2004), dalam
kehidupan sehari-hari manusia, yaitu dalam :
1.
Bisnis
Aplikasi multimedia dalam bisnis meliputi presentasi,
pengajaran, pemasaran, periklanan, demo produk, database, catalog, instant
message dan komunikasi jaringan. Tidak ketinggalan video conference, yang
memungkinkan adanya tatap muka tanpa harus berada didalam suatu tempat yang
sama. Dengan adanya aplikasi multimedia inilah, perusahaan - perusahaan dapat
menjalani bisnisnya lebih lancar.
2.
Pendidikan
Aplikasi multimedia dalam bidang ini mengubah proses
belajar mengajar yang konvensional menjadi lebih menarik dan interaktif,
sehingga proses belajar – mengajar tidak terlalu monoton seperti selama ini
yang dilakukan di sekolah-sekolah pada umumnya. Contohnya seperti aplikasi
multimedia untuk meningkatkan kemampuan membaca pada anak – anak. Aplikasi
tersebut dapat disisipkan animasi – animasi yang tentunya menarik bagi
anak-anak sehingga dapat membantu meningkatkan minat mereka dalam membaca
maupun belajar hal lainnya.
3.
Rumah
Aplikasi multimedia dalam rumah sangat beraneka ragam.
Contohnya komputer yang menggunakan CD-ROM atau DVD-ROM sebagai alat penyalur
multimedia. Terdapat juga mesin-mesin permainan yang menggunakan televisi
sebagai penyalur multimedia, seperti : Sega, Nintendo, playstation, x-box, dan
sebagainya dimana semua permainannya menggunakan elemen-elemen multimedia.
4.
Tempat Umum
Aplikasi multimedia di tempat-tempat umum dapat berupa
kios informasi seperti yang terdapat pada hotel-hotel, pusat perbelanjaan,
museum, pusat hiburan dan sebagainya. Aplikasi-aplikasi tersebut dapat berguna
untuk memberikan informasi-informasi dan bantuan mengenai tempat yang
bersangkutan. Misalnya kios informasi pada pusat hiburan yang memberikan
letak-letak suatu toko atau sarana hiburan yang terdapat didalam cakupan
wilayah kios informasi tersebut.
5.
Internet
Multimedia di internet siaran langsung dari ribuan
stasiun radio, melihat animasi bagaimana cara kerja sesuatu dan melihat video.
6.
Presentasi
Multimedia memungkinkan seorang presenter beralih dari
overhead projector yang menampilkan gambar dan teks yang kaku kepada gambar
bergerak, suara dan animasi untuk menghidupkan presentasi yang dibawakan.
7.
Lisensi Dokumen
Seluruh dokumen di IlmuKomputer.Com dapat digunakan,
dimodifikasi dan disebarkan secara bebas untuk tujuan bukan komersial
(nonprofit), dengan syarat tidak menghapus atau merubah atribut penulis dan
pernyataan copyright yang disertakan dalam setiap dokumen.
8.
Kios
Kios yang interaktif dengan layar sentuh dapat
menyediakan berbagai informasi dengan lengkap ditempat-tempat umum, misalnya
informasi mengenai produk, informasi yang disajikan jauh lebih menarik bagi
pengguna dibandingkan informasi yang tercetak.
9.
Tutorial
Multimedia dengan cepat telah menjadi dasar pelatihan
berbasiskan komputer, sebagai contoh perusahan menyediakan tutorial yang
interaktif bagi karyawan baru untuk mempelajari prosedur-prosedur di
perusahaan. - Online Reference CD-ROM berbasiskan multimedia mulai menggantikan
ensiklopedia baku, petunjuk penggunaan dan brosur tentang informasi produk.
Versi elektronik dari bahan referensi lebih mudah digunakan dan lebih ringan
bila dibawa.
10.
Publikasi
Berbagai buku, majalah dan koran telah didistribusikan
sebagai suatu publikasi multimedia dengan memanfaatkan CD-ROM dan internet.
Halaman yang tercetak tidak akan pernah mampu manampilkan visualisasi gerakan
dan suara.
11.
Permainan
Permainan pada saat ini yang menerapkan multimedia,
khususnya berbasis tiga dimensi menjadikan permainan menjadi lebih hidup dan
nyata dan membuat pemain yang memainkannya mngikuti alur cerita dan mengikuti
setiap tingkatan permainan dengan baik. - Situs web Penerapan multimedia pada
situs web menjadikan situs web menjadi lebih kaya dengan penambahan musik latar
belakang, animasi dan video, daripada situs web yang hanya memiliki teks
semata. Kelebihan penerapan multimedia pada situs web ini, pengunjung akan
lebih tertarik untuk melihat isi dari situs web multimedia ini.
BAB
III
KESIMPULAN
Mulimedia
terbentuk dari dua suku kata, multi dan media. Multi yang berarti banyak,
gabungan atau bermacam-macam. Media berasal dari kata ‘medium’ yang berarti
sesuatu yang dipakai untuk menyampaikan atau membawa sesuatu. Pengertian multimedia
adalah pemanfaatan komputer sebagai media untuk membuat dan juga menyatukan
data gambar, ada banyak kategori pada multimedia, sehingga jenisnya pun menjadi
bermacam-macam.kategori yaitu berdasarkan aksesnya (offline dan online)dan metode penyajianya (kertas, cahaya, suara,
gambar bergerak, dan digital). Sedangkan berdasarkan sifat penggunaannya,
komunikasi multimedia dikelompokkan dalam tiga tipe, yaitu multimedia
interaktif, hiperaktif, dan linier.
Multimedia
terdiri dari banyak media atau konten yang disajikan untuk menghasilkan suatu
interaksi terhadap penggunanya. Secara umum, terdapat 4 bagian yaitu Teks,
Suara, Grafik / Gambar dan Animasi. Penerapan multimedia dalam keseharian
kegiatan manusia hampir bisa digunakan pada semua bidang, apalagi dengan
perkembangan teknologi yang sangat pesat sekarang ini memungkinkan multimedia
selalu hadir dan menjadi kebutuhan setiap orang.
Sumber : - https://pakarkomunikasi.com/penerapan-teori-komunikasi-dalam-media-pembelajaran
- http://betterteachers.weebly.com/definisi-multimedia.html
- https://www.nesabamedia.com/pengertian-multimedia/
- http://student-activity.binus.ac.id/himsisfo/2016/10/pengertian-multimedia-menurut-para-ahli/
- https://salamadian.com/pengertian-multimedia/
- http://betterteachers.weebly.com/definisi-multimedia.html
- https://www.nesabamedia.com/pengertian-multimedia/
- http://student-activity.binus.ac.id/himsisfo/2016/10/pengertian-multimedia-menurut-para-ahli/
- https://salamadian.com/pengertian-multimedia/
Comments
Post a Comment