Tugas Softskill Teknologi Informasi dan Multimedia #



Tugas Softskill Teknologi Informasi dan Multimedia #
" DEFINISI MULTIMEDIA "
Nama : Maulana Rachman
Kelas  : 4IB04
NPM   : 14416300
ABSTRAK
Perkembangan teknologi yang terjadi pada masyakat dewasa ini menciptakan  manusia mampu berkomunikasi dengan multimedia, artinya manusia mampu untuk berkomunikasi bukan hanya dengan suara saja atau gambar saja, namun bisa dengan keduanya. Secara etimologi, multimedia terbentuk dari dua frasa, multi dan media. Multi yang berarti banyak, gabungan atau bermacam-macam. Media berasal dari kata ‘medium’ yang berarti sesuatu yang dipakai untuk menyampaikan sesuatu. Pengertian multimedia adalah pemanfaatan komputer sebagai media untuk membuat dan juga menyatukan data dengan menggunakan perangkat lunak yang memungkinkan pemakai untuk berkomunikasi. Kini multimedia bukan lagi menjadi hal yang asing bagi kita karena sudah dapat kita temui disekitar kita setiap saat, oleh karena itu patutlah bagi kita untuk memahami apa arti dari multimedia itu, agar kita mampu memanfaatkan teknologi multimedia dengan sebaik-baiknya.
  


BAB I
PENDAHULUAN
1.1   Latar Belakang
Perkembangan teknologi yang terjadi pada masyakat dewasa ini menciptakan  manusia mampu berkomunikasi dengan multimedia, artinya manusia mampu untuk berkomunikasi bukan hanya dengan suara saja atau gambar saja, namun bisa dengan keduanya.          
Media komunikasi juga terus berkembang yang awalnya hanya suara, teks dan gambar kini telah merambah ke dalam video, animasi, dll yang membuktikan bahwa teknologi yang kita sebut dengan teknologi multimedia sudah sangat berkembang. Multimediapun bukan lagi digunakan sebagai media entertain saja namun telah diterapkan dalam berbagai bidang, antara lain pendidikan, perdagangan, dan masih banyak lagi.          
Kini multimedia bukan lagi menjadi hal yang asing bagi kita karena sudah dapat kita temui disekitar kita setiap saat, mulai dari rumah, perjalanan, hingga tempat tujuan kita pasti menjumpai beragam produk hasil kreasi mteknologi multimedia seperti banner, iklan, poster,dan lainya.
Oleh karena itu patutlah bagi kita untuk memahami apa arti dari multimedia itu, agar kita mampu memanfaatkan teknologi multimedia dengan sebaik-baiknya dan tidak justru menyelewengkannya untuk hal-hal yang tidak bertanggung jawab

1.2   Batasan Masalah
Agar bahasan tidak meluas, maka penulis  membatasi masalah dalam penulisanya yaitu  :
1.      Apakah definisi Multimedia ?
2.      Apa saja Kategori Multimedia ?
3.      Apa saja Bagian Multimedia ?
4.      Bagaimana Penerapan Multimedia dalam kehidupan sehari hari ?



1.3   Tujuan Penulisan
Penulisan  dari batasan masalah diatas maka dapat diketahui bahwa penulis dalam membuat makalah ini memiliki tujuan yaitu memahami definisi Multimedia dan mengetahui berbagai bagian komponen Multimedia serta penerapan-nya.

BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Definisi Multimedia
Secara etimologi, multimedia terbentuk dari dua frasa, multi dan media. Multi yang berarti banyak, gabungan atau bermacam-macam. Media berasal dari kata ‘medium’ yang berarti sesuatu yang dipakai untuk menyampaikan atau membawa sesuatu. Pengertian multimedia adalah pemanfaatan komputer sebagai media untuk membuat dan juga menyatukan data gambar, teks, grafik, dan audio dengan menggunakan perangkat lunak yang memungkinkan pemakai untuk berkreasi, berinteraksi dan berkomunikasi.

Jika dilihat dari sudut pandang teknologi saat ini, dapat disimpulkan bahwa pengertian multimedia adalah alat yang menyajikan beberapa elemen seperti, teks, suara (audio), video, grafik dan animasi untuk dapat menciptakan suatu presentasi yang interaktif terhadap penggunanya.

2.2 Kategori Multimedia
Ada banyak kategori pada multimedia, sehingga jenisnya pun menjadi bermacam-macam. Berdasarkan aksesnya, multimedia dibagi menjadi dua jenis, yaitu multimedia online dan offline. Perbedaannya hanya terletak pada penggunannya yang membutuhkan jaringan internet. Jika dilihat dari metode penyajiannya, multimedia dibedakan menjadi lima jenis. Di antaranya multimedia berbasis kertas (buku dan majalah), cahaya (slideshow dan transparansi), suara (radio dan tape), gambar bergerak (televisi), dan digital (komputer dan ponsel pintar).
Pengelompokkan multimedia menggunakan variabel yang cukup bervariasi. Berdasarkan sifat penggunaannya, komunikasi multimedia dikelompokkan dalam tiga tipe, yaitu multimedia interaktif, hiperaktif, dan linier. Berikut penjelasan masing-masing jenis tersebut.

1. Multimedia Interaktif.
Multimedia Interaktif adalah jenis multimedia yang memungkinkan pengguna dapat mengontrol komponen-komponen di dalamnya. Tipe ini lebih mengutamakan personalisasi pemakain multimedia sesuai keinginan penggunanya. Contoh dari jenis multimedia Interaktif  ini adalah game, pemutar video, dan website. 
2. Multimedia Hiperaktif
Multimedia Hiperaktif merupakan jenis komunikasi multimedia yang memanfaatkan hubungan antara setiap komponen multimedia. Sifatnya juga interaktif, sehingga pengguna dapat memilih asupan informasi sesuai selera melalui tautan yang tersedia. Contoh: website, mobile banking, Game online dan Iklan
3. Multimedia Linier
Multimedia Linier adalah jenis multimedia yang bersifat tidak interaktif. Artinya pengguna hanya bisa menikmati sajian informasi secara linier, tanpa memiliki kesempatan untuk mengontrolnya sendiri. Contohnya adalah rekaman video atau film, e-book, musik, siaran TV dan lainnya

2.3 Bagian Multimedia
Berdasarkan pengertian multimedia yang sudah dijelaskan diatas, diketahui bahwa multimedia terdiri dari banyak media atau konten yang disajikan untuk menghasilkan suatu interaksi terhadap penggunanya. Secara umum, terdapat 4 bagian dalam multimedia yang akan dijelaskan sebagai berikut.
1. Teks
Teks merupakan elemen dasar dalam multimedia. Hal ini terbukti sejak ribuan tahun yang lalu, teks sudah berperan penting dalam menyampaikan informasi. Dahulu, teks dikategorikan sebagai simbol-simbol visual untuk merepresentasikan berbagai macam objek yang ditemukan.
Pengertian teks sendiri adalah kesatuan bahasa yang memiliki isi dan bentuk yang dituangkan menjadi tulisan. Tulisan inilah yang digunakan oleh pengirim untuk menyampaikan pesan kepada penerimanya. Saat ini, teks semakin didukung dengan adanya komputer, dimana banyak terdapat program pengolah kata.
Salah satunya adalah Microsoft Office. Selain itu, teks menjadi sangat penting untuk menyampaikan suatu makna tertentu, bahkan ketika elemen lainnya tidak berhasil dalam menghasilkan makna. Sebagai contoh, kebanyakan orang akan sulit untuk mengartikan gambar yang dilihat tanpa adanya tulisan. Selain struktur teks yang sederhana dan mudah dikenali, teks juga menjadi jenis data yang hanya membutuhkan ruang penyimpanan yang kecil. Terdapat beberapa jenis teks yang berkembang saat ini, seperti plain text (TXT), rich text (RTF), dan hypertext (HTML).
2. Suara (Audio)
Suara (audio) merupakan komponen dalam multimedia yang tidak kalah penting dari teks. Menurut Lu (1999), suara adalah sesuatu yang ditimbulkan akibat adanya perubahan tekanan udara yang menjangkau gendang telinga manusia. Beberapa bentuk audio dalam multimedia berupa rekaman, musik atau efek suara lainnya.
Dari sudut pandang multimedia, suara dikategorikan sebagai simbol verbal yang berperan penting dalam teknologi komunikasi. Selain itu, penyajian audio juga dapat digunakan untuk memperjelas suatu informasi yang disampaikan. Sebagai contoh, tidak semua orang dapat memahami informasi yang disampaikan melalui video.
Untuk mengatasi hal itu, maka video dilengkapi dengan audio agar informasi sampai kepada penerimanya. Terdapat beberapa format video yang sering digunakan, seperti MP3 (MPEG-1 Audio Layer 3), AIFF (Audio Interchange File Format), WAV (Wavefrom Audio), AAC (Advanced Audio Coding), WMA (Windows Media Audio), MIDI (Musical Instrument Digital Interface) serta real audio.
3. Grafik / Gambar
Umumnya, grafik dalam multimedia berkaitan dengan still image seperti foto atau gambar. Grafik ini digunakan dalam multimedia untuk memperindah komponen teks yang disajikan kepada pengguna. Dunia multimedia membedakan gambar menjadi dua, yaitu bitmap dan vektor.
4. Animasi
Animasi merupakan suatu teknik untuk menampilkan setiap frame secara berurutan. Ketika terjadi pergantian frame, maka pengguna akan melihat gambar tersebut seolah-olah bergerak. Dalam multimedia, animasi sangat diperlukan untuk menyajikan tampilan informasi menjadi lebih dinamis.

2.4 Pengaplikasian Multimedia
Aplikasi multimedia artinya adalah penerapan multimedia dalam keseharian kegiatan manusia. Multimedia hampir bisa digunakan pada semua bidang kehidupan manusia, apalagi dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat sekarang ini memungkinkan multimedia selalu hadir dan menjadi kebutuhan setiap orang. Penerapan Multimedia Menurut Vaughan (2004), dalam kehidupan sehari-hari manusia, yaitu dalam :

1. Bisnis
Aplikasi multimedia dalam bisnis meliputi presentasi, pengajaran, pemasaran, periklanan, demo produk, database, catalog, instant message dan komunikasi jaringan. Tidak ketinggalan video conference, yang memungkinkan adanya tatap muka tanpa harus berada didalam suatu tempat yang sama. Dengan adanya aplikasi multimedia inilah, perusahaan - perusahaan dapat menjalani bisnisnya lebih lancar.
2. Pendidikan            
Aplikasi multimedia dalam bidang ini mengubah proses belajar mengajar yang konvensional menjadi lebih menarik dan interaktif, sehingga proses belajar – mengajar tidak terlalu monoton seperti selama ini yang dilakukan di sekolah-sekolah pada umumnya. Contohnya seperti aplikasi multimedia untuk meningkatkan kemampuan membaca pada anak – anak. Aplikasi tersebut dapat disisipkan animasi – animasi yang tentunya menarik bagi anak-anak sehingga dapat membantu meningkatkan minat mereka dalam membaca maupun belajar hal lainnya.
3. Rumah          
Aplikasi multimedia dalam rumah sangat beraneka ragam. Contohnya komputer yang menggunakan CD-ROM atau DVD-ROM sebagai alat penyalur multimedia. Terdapat juga mesin-mesin permainan yang menggunakan televisi sebagai penyalur multimedia, seperti : Sega, Nintendo, playstation, x-box, dan sebagainya dimana semua permainannya menggunakan elemen-elemen multimedia.
4.  Tempat Umum        
Aplikasi multimedia di tempat-tempat umum dapat berupa kios informasi seperti yang terdapat pada hotel-hotel, pusat perbelanjaan, museum, pusat hiburan dan sebagainya. Aplikasi-aplikasi tersebut dapat berguna untuk memberikan informasi-informasi dan bantuan mengenai tempat yang bersangkutan. Misalnya kios informasi pada pusat hiburan yang memberikan letak-letak suatu toko atau sarana hiburan yang terdapat didalam cakupan wilayah kios informasi tersebut.
5. Internet          
Multimedia di internet siaran langsung dari ribuan stasiun radio, melihat animasi bagaimana cara kerja sesuatu dan melihat video.
6.  Presentasi
Multimedia memungkinkan seorang presenter beralih dari overhead projector yang menampilkan gambar dan teks yang kaku kepada gambar bergerak, suara dan animasi untuk menghidupkan presentasi yang dibawakan.
7. Lisensi Dokumen          
Seluruh dokumen di IlmuKomputer.Com dapat digunakan, dimodifikasi dan disebarkan secara bebas untuk tujuan bukan komersial (nonprofit), dengan syarat tidak menghapus atau merubah atribut penulis dan pernyataan copyright yang disertakan dalam setiap dokumen.
8. Kios          
Kios yang interaktif dengan layar sentuh dapat menyediakan berbagai informasi dengan lengkap ditempat-tempat umum, misalnya informasi mengenai produk, informasi yang disajikan jauh lebih menarik bagi pengguna dibandingkan informasi yang tercetak.
9. Tutorial          
Multimedia dengan cepat telah menjadi dasar pelatihan berbasiskan komputer, sebagai contoh perusahan menyediakan tutorial yang interaktif bagi karyawan baru untuk mempelajari prosedur-prosedur di perusahaan. - Online Reference CD-ROM berbasiskan multimedia mulai menggantikan ensiklopedia baku, petunjuk penggunaan dan brosur tentang informasi produk. Versi elektronik dari bahan referensi lebih mudah digunakan dan lebih ringan bila dibawa.
10. Publikasi          
Berbagai buku, majalah dan koran telah didistribusikan sebagai suatu publikasi multimedia dengan memanfaatkan CD-ROM dan internet. Halaman yang tercetak tidak akan pernah mampu manampilkan visualisasi gerakan dan suara.
11. Permainan            
Permainan pada saat ini yang menerapkan multimedia, khususnya berbasis tiga dimensi menjadikan permainan menjadi lebih hidup dan nyata dan membuat pemain yang memainkannya mngikuti alur cerita dan mengikuti setiap tingkatan permainan dengan baik. - Situs web Penerapan multimedia pada situs web menjadikan situs web menjadi lebih kaya dengan penambahan musik latar belakang, animasi dan video, daripada situs web yang hanya memiliki teks semata. Kelebihan penerapan multimedia pada situs web ini, pengunjung akan lebih tertarik untuk melihat isi dari situs web multimedia ini.



BAB III
KESIMPULAN
Mulimedia terbentuk dari dua suku kata, multi dan media. Multi yang berarti banyak, gabungan atau bermacam-macam. Media berasal dari kata ‘medium’ yang berarti sesuatu yang dipakai untuk menyampaikan atau membawa sesuatu. Pengertian multimedia adalah pemanfaatan komputer sebagai media untuk membuat dan juga menyatukan data gambar, ada banyak kategori pada multimedia, sehingga jenisnya pun menjadi bermacam-macam.kategori yaitu berdasarkan aksesnya (offline dan online)dan  metode penyajianya (kertas, cahaya, suara, gambar bergerak, dan digital). Sedangkan berdasarkan sifat penggunaannya, komunikasi multimedia dikelompokkan dalam tiga tipe, yaitu multimedia interaktif, hiperaktif, dan linier.
Multimedia terdiri dari banyak media atau konten yang disajikan untuk menghasilkan suatu interaksi terhadap penggunanya. Secara umum, terdapat 4 bagian yaitu Teks, Suara, Grafik / Gambar dan Animasi. Penerapan multimedia dalam keseharian kegiatan manusia hampir bisa digunakan pada semua bidang, apalagi dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat sekarang ini memungkinkan multimedia selalu hadir dan menjadi kebutuhan setiap orang.




Comments

Popular Posts