Klasifikasi Multimedia
Tugas Mata Kuliah Softskill Teknologi Informasi dan Multimedia #
Nama : Maulana Rachman
Kelas : 4IB04A
Npm : 14416300
2.3 Klasifikasi Multimedia berdasarkan ISO 093A
• Aspek pada perception medium :
2. Representation Medium
Nama : Maulana Rachman
Kelas : 4IB04A
Npm : 14416300
KLASIFIKASI MULTIMEDIA
ABSTRAK
Perkembangan teknologi yang terjadi pada masyakat dewasa ini menciptakan manusia mampu berkomunikasi dengan multimedia yang memliki peran sangat vital bagi kehidupan manusia sehari-hari. selain itu banyak nya variasi multimedia perlu di klasifikasikansesuai dengan sifat dan fungsinya. oleh karena itu banyak para ahli yang mengelompokan peran multimedia sesuai dengan kapasitasnya. Klasifikasi media ini dapat menjadi landasan untuk membedakan proses yang dipakai untuk menyajikan pesan, bagaimana suara dan atau gambar itu diterima,
BAB 1
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Perkembangan teknologi
yang terjadi pada masyakat dewasa ini menciptakan manusia mampu berkomunikasi dengan multimedia,
artinya manusia mampu untuk berkomunikasi bukan hanya dengan suara saja atau
gambar saja, namun bisa dengan keduanya.
Perkembangan penerapan media pada sektor- sektor kehidupan manusia pun memiliki berbagai macam jenis , oleh karena itu kita sebagai mahasiswa harus mengetahui klasifikasi multimedia agar kita dapat mengetahui sifat dan fungsi berbagai elemen multimedia itu sendiri.
Berbagai cara dapat dilakukan untuk mengklasifikasi dan mengidentifikasi media. Menurut bentuk i nformasi yang digunakan, anda dapat memisahkan dan mengklasifikasi media penyaji dalam lima kelompok besar, yaitu media visual diam, media visual gerak, media audio, media audio visual diam,dan media audio visual gerak. Klasifikasi media ini dapat menjadi landasan untuk membedakan proses yang dipakai untuk menyajikan pesan, bagaimana suara dan atau gambar itu diterima, apakah melalui penglihatan langsung, proyeksi optik, proyeksi elektronik atau telekomunikasi.
1.2 Batasan Masalah
Agar
bahasan tidak meluas, maka penulis
membatasi masalah dalam penulisanya yaitu :
1. Apa saja klasifikasi multimedia secara umum ?
2. Apa saja klasifikasi media pembelajaran menururut ahli ?
3. Apa saja klasifikasi multimedia berdasarkan ISO093A ?
1.3 Tujuan Penulisan
Penulisan
dari batasan masalah diatas maka dapat diketahui bahwa penulis dalam
membuat makalah ini memiliki tujuan yaitu mengetahui jenis dan klasifikasi multimedia.
BAB 2
PEMBAHASAN
2.1 Klasifikasi Multimedia Secara Umum
1. Klasifikasi
media berdasarkan ciri fisik
Ada beberapa klasifikasi media pembelajaran,
diantaranya:
a. Media pembelajaran dua
dimensi (2D)
yaitu media yang tampilannya dapat diamati dari satu
arah pandangan saja, yang hanya dilihat dimensi panjang dan lebarnya, Misalnya:
peta, gambar, bagan, grafik, papan tulis, dan semua jenis media yang hanya
dilihat dari sisi datar saja.
b. Media pembelajaran tiga
dimensi (3D)
yaitu media yang tampilannya dapat diamati dari arah
pandang mana saja, dan mempunyai dimensi panjang, lebar, dan tinggi. Misalnya
meja, kursi, mobil, rumah, bola, kotak, dan sebagainya.
c. Media
pandang diam
yaitu media yang menggunakan media proyeksi yang hanya
menampilkan gambar diam di layar (tidak bergerak/statis). Misalnya foto,
tulisan, atau gambar binatang yang dapat diproyeksikan.
d. Media pandang gerak
yaitu media yang menggunakan merdia proyeksi yang
dapat menampilkan gambar bergerak dilayar, termasuk media televisi dan video
tape recorder termasuk media pandang gerak yang disajikan melalui layar
(screen) di komputer atau layar lainnya.
2. Klasifikasi
media berdasarkan unsur pokok
Disini merupakan
kelanjutan dari materi diatas yaitu klasifikasi media pembelajaran berdasarkan
unsur pokok (persepsi indra), dimana klasifikasi ini merupakan semua media yang
dapat dilihat maupun digunakan oleh panca indra manusia.
Pada umumnya berdasarkan unsur pokok atau indra yang
dirangsanng media pembelajaran diklasifikasikan menjadi tiga macam, yaitu:
a. Media audio
Yaitu media yang menghasilkan bunyi yang hanya bisa
diterima melalui media pendengaran.
Contohnya yaitu radio, kaset, audio dan MP3.
b. Media visual
Yaitu media yang hanya mengandalkan indra penglihatan.
Media visual menampilkan materinya dengan menggunakan alat proyeksi atau
proyektor, karena melalui media ini perangkat lunak (software) yang melengkapi
alat proyeksi ini akan dihasilkan suatu bias cahaya atau gambar yang sesuai
dengan materi yang diinginkan.
Contohnya yaitu foto, gambar, poster, kartun,
grafik dan lain-lain.
c. Media audio-visual.
Yaitu media yang mempunyai unsur suara dan unsur
gambar .Sehingga media audio-visual disebut juga sebagai media video.Video
merupakan media yang digunakan untuk menyampaikan pesan pembelajaran.
Contohnya : film bersuara, video, televisi, sound
slide, multimedia.
3. Klasifikasi
media berdasarkan pengalaman belajar
Ada 5 macam klasifikasi media pembelajaran yang
digunakan, yaitu:
a. Pengalaman
langsung (the real life experiences)
Pengalaman ini diperoleh dengan berhubungan secara
langsung dengan benda, kejadian, atau objek yang sebenarnya
b. Pengalaman tiruan (the
subtitute of the real experiences)
Pengalaman ini diperoleh melalui benda-benda atau
kejadian-kejadian tiruan yang sebenarnya. Hal ini disebabkan karna dalam proses
KBM tak senantiasa dapat digunakan benda-benda sesungguhnya disebabkan oleh
beberapa factor.
c. Pengalaman melalui lambang
kata (words only )
Berupa kata-kata lisan yang diucapkan, rekaman
kata-kata dari media perekam dan kata-kata yang ditulis maupun
dicetak. Pengalaman ini diperoleh dalam buku dan bahan bacaan.
d. Pengalaman melalui
dramatisasi
Pengalaman ini diperoleh dalam bentuk drama dari
berbagai gerakan. Pada dramatisasi ini biasanya anak-anak sendiri sebagai
pelaku untuk mendramatisasikan segala peristiwa atau keadaaan yang berkenaan
dengan pelajaran sejarah atau cerita-cerita masa lampau.[3]
e. Pengalaman gambar hidup
pameran
Pengalaman tersebut diperoleh melalui pertunjukan
hasil pekerjaan siswa, perkembangan dan kemajuan sekolah.
4. Klasifikasi media berdasarkan penggunaannya
a. Media tradisional atau
konvensional (sederhana).
Media ini meliputi semua media pembelajaran dan bahan
sumber belajar yang bisa digunakan oleh guru dalam mengajar dikelas.
Setiap guru secara individual memegang peranan penting
dalam proses pembelajaran yaitu berupa semua media yang biasa digunakan guru di
dalam kelas, laboratorium, atau di luar kelas, baik dalam kelompok kecil maupun
kelompok besar.
b. Media modern
atau kompleks
Media modern seperti computer diintegrasikan dengan
media lainnya.
5. Klasifikasi media berdasarkan hirakri manfaat
media
Media Semakin rumit jenis perangkat media yang
dipakai, semakin mahal biaya investasinya, semakin susah pengadaannya, tetapi
semakin umum penggunaannya dan semakin luas lingkup sasarannya.
Sebaliknya, semakin sederhana jenis perangkatnya,
semakin murah biaya, semakin mudah penggadaan,sifat penggunaanya semakin khusus
dan lingkup sasarannya semakin terbatas.
2.2 Klasifikasi Media Pembelajaran Menururut Para Ahli
1. Klasifikasi media pembelajaran menurut Azhar Arshad
Klasifikasi sumber belajar tidak jauh berbeda dengan bentuknya. Klasifikasi sumber belajar menurut Degeng dalam Azhar Arshad (2006) adalah sebagai berikut:
Pesan (Apa informasi yang ditransmisikan?)
Orang (Siapa/Apakah yang melakukan transmisi?)
Bahan (Siapa/Apakah yang menyimpan informasi?)
Alat (Siapa/Apakah yang menyimpan informasi?)
Teknik (Bagaimana informasi itu ditransmisikan?)
Lingkungan/Latar (Di mana ditransmisikan?)
2. Klasifikasi media pembelajaran menurut Rudy Bretz
Rudy Bretz, mengklasifikasikan media berdasarkan unsur pokoknya yaitu suara, visual (berupa gambar, garis, dan simbol), dan gerak. Di samping itu juga, Bretz membedakan antara media siar (telecommunication) dan media rekam (recording).
Dengan demikian, media menurut taksonomi Bretz dikelompokkan menjasi 8 kategori:
1) media audio visual gerak
2) media audio visual diam
3) media audio semi gerak
4) media visual gerak
5) media visual diam
6) media semi gerak
7) media audio
8) media cetak.
3. Klasifikasi media pembelajaran menurut Sudjana dan Ahmad Rifa’i
Sudjana dan Ahmad Rifa’i membedakan atau mengklasifikasikan media ke dalam empat kelompok, yaitu media grafis (dua dimensi), misalnya gambar, foto, dan grafik. Media tiga dimensi, misalnya model susun dan model kerja. Media proyeksi, misalnya OHP dan media lingkungan (alam).
4. Klasifikasi media pembelajaran menurut R. Murry Thomas
Menurut R. Murry Thomas media diklasifikasikan berdasarkan jenjang pengalaman , yaitu:
(1) Pengalaman dari benda asli (reliefe experience), misalnya bola.
(2) Pengalaman dari benda tiruan (sudstitude of reliefe experience) misalnya gambar dan foto.
(3) Pengalaman dari kata-kata (word only), misalnya buku dan program radio.
5. Klasifikasi media pembelajaran menurut Soeparno
Klasifikasi media berdasarkan karakteristiknya, dibedakan menjadi:
(a) media yang memiliki karakteristik tunggal, misalnya radio.
(b) media yang memiliki karakteristik ganda, misalnya film dan TV.
Klasifikasi media berdasarkan dimensi presentasi, yang dibedakan menjadi:
(a) Lama presentasi yaitu presentasi sekilas, misalnya TV, dan presentasi tak sekilas, misalnya OHP. (b) sifat presentasi yaitu presentasi kontinyu, misalnya TV, dan presentasi tak kontinyu, misalnya OHP.
Klasifikasi media berdasarkan pemakainya, dapat dibedakan menjadi :
(a) berdasarkan jumlah pemakai, yaitu media untuk kelas besar, kelas kecil, dan belajar individual, (b) berdasarkan usia dan tingkat pendidikan pemakai, yaitu media untuk TK, SD, SMP, SMU, dan PT.
1. Perception Medium
• Perception media membantu manusia untuk merasakan lingkungannya
“Bagaimana manusia menerima informasi pada lingkungan komputer?”
• Perception media membantu manusia untuk merasakan lingkungannya
“Bagaimana manusia menerima informasi pada lingkungan komputer?”
• Aspek pada perception medium :
i. Aspek Representative Space: sesuatu yang terkandung daklam presentasi secara nyata
– Kertas, layar
– Slide show, power point
– Slide show, power point
ii. Aspek Representative Values: nilai-nilai yang terkandung dalam presentasi
– Self contained (interpretasi tiap orang berbeda), misal:
suhu, rasa, bau
– Predefined symbol set (sudah disepakati sebelumnya), misal: teks, ucapan, gerak tubuh iii. Aspek Representation Dimension
– Ruang (space)
– Waktu (time) : 1. time independent, discreet (text, grafis)
2 time dependent , continuous media (video, audio, sinyak dari sensor yang berbeda)
suhu, rasa, bau
– Predefined symbol set (sudah disepakati sebelumnya), misal: teks, ucapan, gerak tubuh iii. Aspek Representation Dimension
– Ruang (space)
– Waktu (time) : 1. time independent, discreet (text, grafis)
2 time dependent , continuous media (video, audio, sinyak dari sensor yang berbeda)
2. Representation Medium
a. Representation media ditentukan oleh representasi informasi oleh komputer
b. “Bagaimana informasi pada komputer dikodekan?” Menggunakan berbagai format untuk merepresentasikan informasi. Contoh :
– Text : ASCII dan EBCDIC
– Grafis : CEPT atau CAPTAIN videotext
b. “Bagaimana informasi pada komputer dikodekan?” Menggunakan berbagai format untuk merepresentasikan informasi. Contoh :
– Text : ASCII dan EBCDIC
– Grafis : CEPT atau CAPTAIN videotext
– Audio stream
– Image
– Audio/video
– Image
– Audio/video
3. Presentation Medium
• Tool dan device yang digunakan untuk proses input dan output informasi
• “Melalui edia apa informasi disajikan oleh komputer, atau dimasukkan ke komputer?”
• “Melalui edia apa informasi disajikan oleh komputer, atau dimasukkan ke komputer?”
– Output : kertas, layar, speaker
– Input : keyboard, mouse, kamera, microphone
– Input : keyboard, mouse, kamera, microphone
4. Storage Medium
• Pembawa data yang mempunyai kemampuan untuk menyimpan informasi (tidak terbatas pada komponen komputer)
• “Dimanakah informasi akan disimpan?” microfilm, floppy disk, hard disk, CD ROM, DVD, MMC, SDCard
• “Dimanakah informasi akan disimpan?” microfilm, floppy disk, hard disk, CD ROM, DVD, MMC, SDCard
5. Transmission Medium
• Pembawa informasi yang memungkinkan terjadinya transmisi data secara kontinyu (tidak termasuk media penyimpanan)
• “Melalui apa informasi akan ditransmisikan?” melalui jaringan, menggunakan kabel (coaxial, fiber optics), melalui udara terbuka (wireless)
• “Melalui apa informasi akan ditransmisikan?” melalui jaringan, menggunakan kabel (coaxial, fiber optics), melalui udara terbuka (wireless)
6. Information Exchange Medium
• Pembawa informasi untuk transmisi, contoh : media penyimpanan dan media transmisi
• “Bagaimana informasi dari tempat yang berbeda saling dipertukarkan?” direct transmission dengan jaringan komputer, combined (storage dan transmission media), web yang berisi informasi, e-book, forum 2.
• “Bagaimana informasi dari tempat yang berbeda saling dipertukarkan?” direct transmission dengan jaringan komputer, combined (storage dan transmission media), web yang berisi informasi, e-book, forum
KESIMPULAN
Pengklasifikasian multimedia memiliki beragam jenis atau macam , secara umum terdiri atas unsur pokok , penggunanan , fisik , pengalaman belajar . ragam jenis multimedia tersebut dibagi sesuai dengan unsur yang terkait di dalamnya sehingga kita dapat mengetahui sifat dan fungsinya satu sama lain. sumber pengklasifikasian multimedia ini berasal dari berbagai macam pendapat para ahli di bidang ini. selain itu klasifikasi multimedia berdasarkan ISO093A menjelaskan bahwa terdapat suatu standart yang dimiliki oleh multimedia ini.
SUMBER
Comments
Post a Comment