Klasifikasi Multimedia

Tugas Mata Kuliah Softskill Teknologi Informasi dan Multimedia #

Nama : Maulana Rachman
Kelas : 4IB04A
Npm : 14416300

KLASIFIKASI MULTIMEDIA

ABSTRAK

  Perkembangan teknologi yang terjadi pada masyakat dewasa ini menciptakan  manusia mampu berkomunikasi dengan multimedia yang memliki peran  sangat vital bagi kehidupan manusia sehari-hari. selain itu banyak nya variasi multimedia perlu di klasifikasikansesuai dengan sifat dan fungsinya. oleh karena itu  banyak para ahli yang mengelompokan peran multimedia sesuai dengan kapasitasnya. Klasifikasi media ini dapat menjadi landasan untuk membedakan proses yang dipakai untuk menyajikan pesan, bagaimana suara dan atau gambar itu diterima,

BAB 1
PENDAHULUAN
1.1   Latar Belakang
       Perkembangan teknologi yang terjadi pada masyakat dewasa ini menciptakan  manusia mampu berkomunikasi dengan multimedia, artinya manusia mampu untuk berkomunikasi bukan hanya dengan suara saja atau gambar saja, namun bisa dengan keduanya.

       Perkembangan penerapan media pada sektor- sektor kehidupan manusia pun memiliki berbagai macam jenis , oleh karena itu kita sebagai mahasiswa harus mengetahui klasifikasi multimedia agar kita dapat mengetahui sifat dan fungsi berbagai elemen multimedia itu sendiri. 

   Berbagai cara dapat dilakukan untuk mengklasifikasi dan mengidentifikasi media. Menurut bentuk i nformasi yang digunakan, anda dapat memisahkan dan mengklasifikasi media penyaji dalam lima kelompok besar, yaitu media visual diam, media visual gerak, media audio, media audio visual diam,dan media audio visual gerak. Klasifikasi media ini dapat menjadi landasan untuk membedakan proses yang dipakai untuk menyajikan pesan, bagaimana suara dan atau gambar itu diterima, apakah melalui penglihatan langsung, proyeksi optik, proyeksi elektronik atau telekomunikasi.


1.2  Batasan Masalah
Agar bahasan tidak meluas, maka penulis  membatasi masalah dalam penulisanya yaitu  :
1. Apa saja klasifikasi multimedia secara umum  ?
2. Apa saja klasifikasi media pembelajaran menururut ahli ?
3. Apa saja klasifikasi multimedia berdasarkan ISO093A  ? 


1.3   Tujuan Penulisan

Penulisan  dari batasan masalah diatas maka dapat diketahui bahwa penulis dalam membuat makalah ini memiliki tujuan yaitu mengetahui jenis dan klasifikasi multimedia. 


BAB 2
PEMBAHASAN


2.1 Klasifikasi Multimedia  Secara Umum

1.      Klasifikasi media berdasarkan ciri fisik
Ada beberapa klasifikasi media pembelajaran, diantaranya:
a.    Media pembelajaran dua dimensi (2D)
yaitu media yang tampilannya dapat diamati dari satu arah pandangan saja, yang hanya dilihat dimensi panjang dan lebarnya, Misalnya: peta, gambar, bagan, grafik, papan tulis, dan semua jenis media yang hanya dilihat dari sisi datar saja.
b.    Media pembelajaran tiga dimensi (3D)
yaitu media yang tampilannya dapat diamati dari arah pandang mana saja, dan mempunyai dimensi panjang, lebar, dan tinggi. Misalnya meja, kursi, mobil, rumah, bola, kotak, dan sebagainya.
c.       Media pandang diam
yaitu media yang menggunakan media proyeksi yang hanya menampilkan gambar diam di layar (tidak bergerak/statis). Misalnya foto, tulisan, atau gambar binatang yang dapat diproyeksikan.
d.   Media pandang gerak
yaitu media yang menggunakan merdia proyeksi yang dapat menampilkan gambar bergerak dilayar, termasuk media televisi dan video tape recorder termasuk media pandang gerak yang disajikan melalui layar (screen) di komputer atau layar lainnya.

2.      Klasifikasi media berdasarkan unsur pokok
Disini merupakan kelanjutan dari materi diatas yaitu klasifikasi media pembelajaran berdasarkan unsur pokok (persepsi indra), dimana klasifikasi ini merupakan semua media yang dapat dilihat maupun digunakan oleh panca indra manusia.
Pada umumnya berdasarkan unsur pokok atau indra yang dirangsanng media pembelajaran diklasifikasikan menjadi tiga macam, yaitu:
a.    Media audio
Yaitu media yang menghasilkan bunyi yang hanya bisa diterima melalui media pendengaran.
Contohnya yaitu radio, kaset, audio dan MP3.
b.    Media visual
Yaitu media yang hanya mengandalkan indra penglihatan. Media visual menampilkan materinya dengan menggunakan alat proyeksi atau proyektor, karena melalui media ini perangkat lunak (software) yang melengkapi alat proyeksi ini akan dihasilkan suatu bias cahaya atau gambar yang sesuai dengan materi yang diinginkan.
Contohnya  yaitu foto, gambar, poster, kartun, grafik dan lain-lain.
c.    Media audio-visual.
Yaitu media yang mempunyai unsur suara dan unsur gambar .Sehingga media audio-visual disebut juga sebagai media video.Video merupakan media yang digunakan untuk menyampaikan pesan pembelajaran.
Contohnya : film bersuara, video, televisi, sound slide, multimedia.

3.  Klasifikasi media berdasarkan pengalaman belajar
Ada 5 macam klasifikasi media pembelajaran yang digunakan, yaitu:
a.    Pengalaman langsung (the real life experiences)
Pengalaman ini diperoleh dengan berhubungan secara langsung dengan benda, kejadian, atau objek yang sebenarnya
b.    Pengalaman tiruan (the subtitute of the real experiences)
Pengalaman ini diperoleh melalui benda-benda atau kejadian-kejadian tiruan yang sebenarnya. Hal ini disebabkan karna dalam proses KBM tak senantiasa dapat digunakan benda-benda sesungguhnya disebabkan oleh beberapa factor.
c.    Pengalaman melalui lambang kata (words only )
Berupa kata-kata lisan yang diucapkan, rekaman kata-kata dari media perekam dan kata-kata yang ditulis maupun dicetak. Pengalaman ini diperoleh dalam buku dan bahan bacaan.
d.    Pengalaman melalui dramatisasi
Pengalaman ini diperoleh dalam bentuk drama dari berbagai gerakan. Pada dramatisasi ini biasanya anak-anak sendiri sebagai pelaku untuk mendramatisasikan segala peristiwa atau keadaaan yang berkenaan dengan pelajaran sejarah atau cerita-cerita masa lampau.[3]
e.    Pengalaman gambar hidup pameran
Pengalaman tersebut diperoleh melalui pertunjukan hasil pekerjaan siswa, perkembangan dan kemajuan sekolah.

4. Klasifikasi media berdasarkan penggunaannya
a.    Media tradisional atau konvensional (sederhana).
Media ini meliputi semua media pembelajaran dan bahan sumber belajar yang bisa digunakan oleh guru dalam mengajar dikelas.
Setiap guru secara individual memegang peranan penting dalam proses pembelajaran yaitu berupa semua media yang biasa digunakan guru di dalam kelas, laboratorium, atau di luar kelas, baik dalam kelompok kecil maupun kelompok besar.
b.      Media modern atau kompleks
Media modern seperti computer diintegrasikan dengan media lainnya.

5. Klasifikasi media berdasarkan hirakri manfaat media
Media Semakin rumit jenis perangkat media yang dipakai, semakin mahal biaya investasinya, semakin susah pengadaannya, tetapi semakin umum penggunaannya dan semakin luas lingkup sasarannya.
Sebaliknya, semakin sederhana jenis perangkatnya, semakin murah biaya, semakin mudah penggadaan,sifat penggunaanya semakin khusus dan lingkup sasarannya semakin terbatas.


2.2 Klasifikasi Media Pembelajaran Menururut Para Ahli

1. Klasifikasi media pembelajaran menurut Azhar Arshad
Klasifikasi sumber belajar tidak jauh berbeda dengan bentuknya. Klasifikasi sumber belajar menurut Degeng dalam Azhar Arshad (2006) adalah sebagai berikut:
Pesan (Apa informasi yang ditransmisikan?)
Orang (Siapa/Apakah yang melakukan transmisi?)
Bahan (Siapa/Apakah yang menyimpan informasi?)
Alat (Siapa/Apakah yang menyimpan informasi?)
Teknik (Bagaimana informasi itu ditransmisikan?)
Lingkungan/Latar (Di mana ditransmisikan?)

2. Klasifikasi media pembelajaran menurut Rudy Bretz
Rudy Bretz, mengklasifikasikan media berdasarkan unsur pokoknya yaitu suara, visual (berupa gambar, garis, dan simbol), dan gerak. Di samping itu juga, Bretz membedakan antara media siar (telecommunication) dan media rekam (recording). 
Dengan demikian, media menurut taksonomi Bretz dikelompokkan menjasi 8 kategori:
1) media audio visual gerak 
2) media audio visual diam 
3) media audio semi gerak 
4) media visual gerak 
5) media visual diam
 6) media semi gerak
7) media audio
8) media cetak.

3. Klasifikasi media pembelajaran menurut Sudjana dan Ahmad Rifa’i
Sudjana dan Ahmad Rifa’i membedakan atau mengklasifikasikan media ke dalam empat kelompok, yaitu media grafis (dua dimensi), misalnya gambar, foto, dan grafik. Media tiga dimensi, misalnya model susun dan model kerja. Media proyeksi, misalnya OHP dan media lingkungan (alam).

4. Klasifikasi media pembelajaran menurut R. Murry Thomas
Menurut R. Murry Thomas media diklasifikasikan berdasarkan jenjang pengalaman , yaitu:
 (1) Pengalaman dari benda asli (reliefe experience), misalnya bola. 
(2) Pengalaman dari benda tiruan (sudstitude of reliefe experience) misalnya gambar dan foto. 
(3) Pengalaman dari kata-kata (word only), misalnya buku dan program radio.

5. Klasifikasi media pembelajaran menurut Soeparno

Klasifikasi media berdasarkan karakteristiknya, dibedakan menjadi: 
(a) media yang memiliki karakteristik tunggal, misalnya radio. 
(b) media yang memiliki karakteristik  ganda, misalnya film dan TV.

Klasifikasi media berdasarkan dimensi presentasi, yang dibedakan menjadi: 
(a) Lama presentasi yaitu presentasi sekilas, misalnya TV, dan presentasi tak sekilas, misalnya OHP. (b) sifat presentasi yaitu presentasi kontinyu, misalnya TV, dan presentasi tak kontinyu, misalnya OHP.

Klasifikasi media berdasarkan pemakainya, dapat dibedakan menjadi :
(a) berdasarkan jumlah pemakai, yaitu media untuk kelas besar, kelas kecil, dan belajar individual, (b) berdasarkan usia dan tingkat pendidikan pemakai, yaitu media untuk TK, SD, SMP, SMU, dan PT.

2.3 Klasifikasi Multimedia berdasarkan ISO 093A

1. Perception Medium
•  Perception media membantu manusia untuk merasakan lingkungannya
   “Bagaimana manusia menerima informasi pada lingkungan komputer?” 

• Aspek pada perception medium :
i. Aspek Representative Space: sesuatu yang terkandung daklam presentasi secara nyata
– Kertas, layar
– Slide show, power point 
ii. Aspek Representative Values: nilai-nilai yang terkandung dalam presentasi
– Self contained (interpretasi tiap orang berbeda), misal:
suhu, rasa, bau
– Predefined symbol set (sudah disepakati sebelumnya), misal: teks, ucapan, gerak tubuh iii. Aspek Representation Dimension
– Ruang (space)
– Waktu (time) : 1. time independent, discreet (text, grafis)
2 time dependent , continuous media (video, audio, sinyak dari sensor yang berbeda)

2. Representation Medium
a. Representation media ditentukan oleh representasi informasi oleh komputer
b. “Bagaimana informasi pada komputer dikodekan?” Menggunakan berbagai format untuk merepresentasikan informasi. Contoh :
– Text : ASCII dan EBCDIC
– Grafis : CEPT atau CAPTAIN videotext 
– Audio stream
– Image
– Audio/video

3. Presentation Medium 
• Tool dan device yang digunakan untuk proses input dan output informasi
• “Melalui edia apa informasi disajikan oleh komputer, atau dimasukkan ke komputer?”
– Output : kertas, layar, speaker
– Input : keyboard, mouse, kamera, microphone

4. Storage Medium
• Pembawa data yang mempunyai kemampuan untuk menyimpan informasi (tidak terbatas pada komponen komputer)
• “Dimanakah informasi akan disimpan?” microfilm, floppy disk, hard disk, CD ROM, DVD, MMC, SDCard

5. Transmission Medium
• Pembawa informasi yang memungkinkan terjadinya transmisi data secara kontinyu (tidak termasuk media penyimpanan)
• “Melalui apa informasi akan ditransmisikan?” melalui jaringan, menggunakan kabel (coaxial, fiber optics), melalui udara terbuka (wireless)

6. Information Exchange Medium
• Pembawa informasi untuk transmisi, contoh : media penyimpanan dan media transmisi
• “Bagaimana informasi dari tempat yang berbeda saling dipertukarkan?” direct transmission dengan jaringan komputer, combined (storage dan transmission media), web yang berisi informasi, e-book, forum
 2. 

KESIMPULAN 

         Pengklasifikasian multimedia memiliki beragam jenis atau macam , secara umum terdiri atas unsur pokok , penggunanan , fisik , pengalaman belajar . ragam jenis multimedia tersebut dibagi sesuai dengan unsur yang terkait di dalamnya sehingga kita dapat mengetahui sifat dan fungsinya satu sama lain. sumber pengklasifikasian multimedia ini berasal dari berbagai macam pendapat para ahli di bidang ini. selain itu klasifikasi multimedia berdasarkan ISO093A menjelaskan bahwa terdapat suatu standart yang dimiliki oleh multimedia ini. 


SUMBER

Comments

Popular Posts